Contoh Judul Postingan Artikel

Bismillah, selamat datang di Contoh Blog Jualan. Postingan ini merupakan postingan artikel pertama sebagai pengantar bagi para pengunjung.

Adakah yang ingin bertanya, apa tujuan dari sebuah blog dibuat?

Sebelum admin menjawabnya, marilah membahas sedikit pengertian dari sebuah "Blog".

#1 Pengertian Blog

Blog merupakan singkatan dari web log, adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web.

Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.

Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Sumber Kutipan: https://id.wikipedia.org/wiki/Blog

Berdasarkan pengertian di atas, blog haruslah memiliki Topik dan Tujuan tertentu. Karena dengan diketahuinya topik dan tujuan dari sebuah blog, orang akan mengetahui apa saja yang dibahas dalam sebuah blog.

Blog sebagian besarnya berisi tulisan-tulisan yang dimuat dalam sebuah postingan dimana satu postingan memiliki judul dan isi seperti halnya postingan ini.

Selain berisi tulisan, dapat juga disisipkan sebuah atau beberapa gambar dan video yang akan membantu menerangkan pembahasan sebuah tulisan.

Selain itu, akses ke blog dapat dibatasi tergantung kemauan admin blog. Untuk blog ini, terbuka untuk umum (dapat diakses oleh semua pengguna internet).

Nah, sudah tahukah Anda apa itu blog? Sekarang admin akan memberitahukan apa tujuan dibuatnya "IB Marketer" berikut ini.

#2. Keuntungan Pemasaran Melalui Blog

Sebuah sarana pemasaran apa pun, pasti ada kekurangannya. Pembaca mungkin bisa tahu apa kekurangannya jika dibandingkan dengan sarana pemasaran online lainnya seperti media sosial, marketplace, web toko online , sales page (landing page), dsm.

Jadi, admin hanya perlu memberikan edukasi tentang keuntungan memasarkan produk/jasa melalui blog.

Pada dasarnya, media pemasaran apapun itu bertujuan untuk menarget "sejumlah orang" yang mungkin tertarik dengan penawaran sehingga terjadi yang namanya penjualan baik produk ataupun jasa.

Apakah blog efektif untuk melakukan hal tersebut? Karena kalau tidak, maka seharusnya tidak dijadikan sebagai sarana pemasaran.

1. Blog Khusus Tema atau Topik Tertentu

Blog umumnya dibuat untuk membahas suatu topik tertentu. Ada blog yang membahas tentang tema pendidikan, keagamaan, kesehatan atau semisalnya pada suatu topik tertentu.

Dengan adanya topik tertentu, pengunjung blog juga sesuai dengan topik yang dibahas.

Kalau topiknya membahas masalah kesehatan misalnya "diabetes" maka kemungkinan yang berkunjung adalah orang-orang yang membutuhkan informasi tentang diabetes.

Dengan begitu, kita dapat memberikan sebuah iklan atau penawaran tentang produk atau jasa yang berkaitan dengan diabetes sesuai dengan apa yang sedang dibahas.

Kalau Anda sering berkunjung pada suatu blog, umumnya iklan yang terpampang di blog tersebut sesuai dengan topik dari blog tersebut.

Semakin relevan iklan yang ada dengan topik pembahasan maka semakin berpeluang pengunjung akan "take action" dengan iklan tersebut.

Take action yaitu mengambil tindakan dari tujuan iklan itu dilakukan. Misalnya menghubungi kontak yang diberikan, mengunjungi link produk, dsm.

2. Blog Review Produk atau Jasa

Sebelum memutuskan membeli sebuah produk, orang biasanya akan mencari informasi terlebih dahulu. Apalagi di zaman online sekarang ini.

Ketakutan-ketakutan seperti takut terjadi penipuan, produk palsu, harga terlalu mahal, dsm., mendorong seseorang untuk melakukan pencarian informasi terlebih dahulu.

Mereka akan mencari informasi dari internet melalui Google Search.

Oleh karena itu, keberadaan blog di Google Search dapat memberikan sumber informasi penting.

Apalagi blog merupakan sarana menyampaikan informasi terbaik dalam bentuk tulisan untuk menaikkan atau menurunkan ketertarikan seseorang terhadap suatu produk/jasa.

Karena blog dapat berfungsi sebagai perekomendasian (ulasan positif) dari penulis terhadap suatu produk/jasa atau bahkan sebaliknya memberikan ulasan negatif dari suatu produk/jasa.

Bahkan, karena pentingnya hal ini, situs-situs marketplace seperti Shoopee, Bukalapak, dsb juga menggunakan blog sebagai media marketing.

#3 Blog Sebagai Sumber Trafik

Tidak bisa dipungkiri bahwa Google Search merupakan alat pencarian di internet nomor 1 di dunia saat ini.

Tanpa admin berikan datanya pun, Anda sudah tahu sendiri kalau kebanyakan orang bahkan Anda sendiri kalau ingin cari sesuatu, larinya ke Google.

Berarti ada potensi mengumpulkan calon pembeli melalui Google untuk diarahkan ke toko online yang kita miliki.

Toko online jangan selalu dipahami hanya dalam bentuk website mandiri, marketplace, dsm., tetapi dapat berupa toko online kita di facebook, IG, dsm.

Namun, yang menjadi masalah adalah bagaimana mendatangkan trafik di toko online kita.

Karena sebagus apapun toko online dengan sejuta produk, tidak akan ada manfaatnya jika tidak ada yang berkunjung.

Tidak adanya pengunjung maka tidak ada calon pembeli. Maka dari itu, harus ada cara atau upaya agar mendatangkan pengunjung yang banyak ke toko online kita.

Ada dua upaya untuk mendatangkan pengunjung ke toko online kita yaitu secara organik dan berbayar.

Secara organik yaitu upaya-upaya yang dapat kita lakukan tanpa harus keluar biaya agar mendapatkan pengunjung misalnya menggunakan media sosial facebook, whatsapp, IG, dsm.

Blog sebagai media marketing juga dapat digunakan sebagai upaya mendatangkan trafik ke toko online yang kita miliki dengan memanfaatkan Google Search dimana kita harus melakukan upaya SEO (Search Engine Optimation) pada blog yang kita miliki.

Upaya-upaya SEO yang dilakukan admin blog merupakan hal rahasia dalam persaingan mendapatkan penilaian oleh Google untuk mendapatkan posisi teratas halaman pencarian Google dalam pencarian kata kunci pencarian tertentu.

Meskipun, sudah ada panduan yang disediakan oleh Google untuk melakukan hal tersebut. Namun, tidak bisa selalu dimengeri apa maksdunya.

Jadi tidak heran jika ada yang namanya Jasa dari seorang Pakar SEO untuk menangani pekerjaan penting ini untuk meningkatkan ranking SEO dari suatu website besar hanya untuk rebutan kursi di kedudukan halaman pertama pada hasil pencarian google.

Apakah sampai di sini, Anda sudah paham bahwa blog dapat menjadi sumber trafik bagi toko online?

Itulah yang menjadi motivasi buat admin untuk membuat blog ini sebagai sarana pemasaran di internet.

Posting Komentar untuk "Contoh Judul Postingan Artikel"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel